Guru NU Nganjuk Bangkitkan MGMP Aswaja dan Ke-NU-an di Nganjuk

Para guru mata pelajaran Aswaja dan Ke-NU-an Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur berkumpul memenuhi undangan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Nganjuk di Madrasah Aliyah Al Hidayah pada Sabtu (22/4). Mereka adalah guru dari berbagai tingkat, mulai dari MI-SD, MTs-SMP, MA-SMK. 

Pada kesempatan itu, mereka membahas peningkatan kualitas pembelajaran materi Aswaja dan Ke-NU-an, serta berbagai sektor penunjangnya, termasuk gerakan pendirian komisariat IPNU-IPPNU di sekolah dan madrasah. Mereka yang tergabung pada Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) itu sepakat bahwa materi Aswaja dan Ke-NU-an adalah materi yang sangat penting, untuk menopang Islam yang rahmatan lil ‘aalamiin, ideologi pancasila dan NKRI.

Ketua LP Ma’arif NU Nganjuk Zainal Arifin menegaskan pentingnya mengawal mata pelajaran Aswaja dan Ke-NU-an yang beberapa mulai ditinggalkan oleh lembaga pendidikan, bahkan sekolah dan madrasah milik orang NU.

“Kehadiran Bapak dan Ibu hari ini adalah pintu gerbang untuk mengembangkan pendidikan Aswaja dan Ke-NU-an sehingga diharapkan nanti para murid kita terbekali materi ideologi penting, ideologi Aswaja NU, tidak mudah terbuai ajaran dari paham-paham radikal dan liberal,” tutur salah satu tim assesor Jawa Timur itu.

Padahal, kata dia, banyak sekali guru, utamanya tingkat MA-SMA yang siap dan berharap di lembaga pendidikannya dapat didirikan komisariat IPNU-IPPNU. Pendidik dari SMK Al-Asy’ariyah misalnya ingin lembaganya berdiri komisariat pelajar NU itu, tapi masih bingung bagaimana prosedur dan mekanismenya.

Hadir pula pada kesempatan tersebut, Musyafa’, pengawas PAI yang juga ketua Forum Madrasah Tsanawiyah Swasta (FOKMASA). Musyafa’ menuturkan pentingnya sinergi antara Kementerian Pendidikan, Kementerian Agama, Forum Madrasah dan LP Ma’arif untuk sama-sama memajukan kualitas pendidikan di Kabupaten Nganjuk.

“Output dari pertemuan para guru NU yang mulia hari ini adalah harapan untuk membumikan Aswaja ala NU kepada pelajar sedini mungkin, secara konsisten dan kontinyu dari jenjang ke jenjang, mulai tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Selain itu, keniscayaan akan hadirnya komisariat IPNU-IPPNU sebagai organisasi pelajar penopang ideologi Aswaja dan Pancasila, perlu digalakkan segera dan seluas mungkin,” papar Irvan, Ketua MGMP tingkat MA/SMA/SMK yang juga salah satu pembina PC IPNU Nganjuk



Sumber:
http://www.nu.or.id/post/read/77274/guru-nu-nganjuk-bahas-peningkatan-materi-aswaja-dan-ke-nu-an 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DIKLAT LITERASI LP MA'ARIF NU NGANJUK DAN RENCANA BESAR KOMISARIAT IPNU-IPPNU

Kami Guru NU Nganjuk