Guru NU Nganjuk Bangkitkan MGMP Aswaja dan Ke-NU-an di Nganjuk
Para guru mata pelajaran Aswaja dan Ke-NU-an Kabupaten Nganjuk,
Jawa Timur berkumpul memenuhi undangan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU
Nganjuk di Madrasah Aliyah Al Hidayah pada Sabtu (22/4). Mereka adalah
guru dari berbagai tingkat, mulai dari MI-SD, MTs-SMP, MA-SMK.
Pada
kesempatan itu, mereka membahas peningkatan kualitas pembelajaran
materi Aswaja dan Ke-NU-an, serta berbagai sektor penunjangnya, termasuk
gerakan pendirian komisariat IPNU-IPPNU di sekolah dan madrasah. Mereka
yang tergabung pada Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata
Pelajaran (MGMP) itu sepakat bahwa materi Aswaja dan Ke-NU-an adalah
materi yang sangat penting, untuk menopang Islam yang rahmatan lil
‘aalamiin, ideologi pancasila dan NKRI.
Ketua
LP Ma’arif NU Nganjuk Zainal Arifin menegaskan pentingnya mengawal mata
pelajaran Aswaja dan Ke-NU-an yang beberapa mulai ditinggalkan oleh
lembaga pendidikan, bahkan sekolah dan madrasah milik orang NU.
“Kehadiran
Bapak dan Ibu hari ini adalah pintu gerbang untuk mengembangkan
pendidikan Aswaja dan Ke-NU-an sehingga diharapkan nanti para murid kita
terbekali materi ideologi penting, ideologi Aswaja NU, tidak mudah
terbuai ajaran dari paham-paham radikal dan liberal,” tutur salah satu
tim assesor Jawa Timur itu.
Padahal, kata dia,
banyak sekali guru, utamanya tingkat MA-SMA yang siap dan berharap di
lembaga pendidikannya dapat didirikan komisariat IPNU-IPPNU. Pendidik
dari SMK Al-Asy’ariyah misalnya ingin lembaganya berdiri komisariat
pelajar NU itu, tapi masih bingung bagaimana prosedur dan mekanismenya.
Hadir
pula pada kesempatan tersebut, Musyafa’, pengawas PAI yang juga ketua
Forum Madrasah Tsanawiyah Swasta (FOKMASA). Musyafa’ menuturkan
pentingnya sinergi antara Kementerian Pendidikan, Kementerian Agama,
Forum Madrasah dan LP Ma’arif untuk sama-sama memajukan kualitas
pendidikan di Kabupaten Nganjuk.
Sumber:
http://www.nu.or.id/post/read/77274/guru-nu-nganjuk-bahas-peningkatan-materi-aswaja-dan-ke-nu-an
Komentar
Posting Komentar